Kamis, 04 November 2010


VII. PEMBAHASAN
Setelah kami melakukan beberapa kali percobaan dengan menggunakan larutan sukrosa dan daun Rhge discolor dengan konsentrasi yang berbeda – beda seperti : 0,14 M,0.16 M 0,18 M,0,20 M,0,22 M,0,24 M, dan 0,26 M terdapat hasil yang berbeda – beda pada percobaan pertama kami menggunakan larutan sukrosa dengan konsetrasi 0,14 M kemudian kami memasuskan sel Rhge discolor sebanyak 3 irisan dimkan beberpa menit kemudin angkat sel tersebut dan letakan pada mikroskop untuk melihat perubahan selnya.ternyata setelah diamati bagian selnya terplasmolisis sempurna.Pada percobaan berikutnya dengan menggunakan larutan sukrosa 0,16 M bagian sel yang terplasmolisis sekitar 30 % sedangkan sisinya tidak terplasmolisis hal ini menujukan bahwa konsentrasi hanya mempengaruhi sedikit terhadap elastisitas selnya.Pada percobaan berikutnya menggunakan konsentrasi 0,18 M sampei 0,24 M ternyata hasilya tidak jauh berbeda sekitar 20 % bagian sel yang terplasmolisis.Hal ini dikarenakan tekanan osmotik di dalam larutan hampir sama dengan tekanan osmotik di dalam sel sehingga sel cenderung setabial,sedangkan pada konsentrasi 0,26 M hampir semua bagian selnya terplasmolisis hampir 85 % hal ini membuktiakan bahwa terjadi perbedaan tekanan osmotik.tekanan osmotik di dalam sel lebih besar dari pada tekanan osmotik di luar sehingga sel mengalami plasmolisis.


VIII. KESIMPULAN :
Berdasrkan hasil percobaan yang kami lakukan dengan mengunakan daun rhoe discolor dan larutan sukrosa dengan konsetrasi yang berbeda – beda dapat kami simpulkan bahwa :
  1. Pada konsentrasi larutan sukrosa 0,14 M terjadi plasmolisis sempurna karena tekanan osmotik di dalam sel lebih besar dari pada tekanan osmotik di luar sel.
  2. Pada konsentrasi larutan sukrosa 0,16 M sampei 0,24 M hanya sedikit bagian sel yang terplasmolisisi karena tekanan osmotik antara didala dan di luar sel hampir sama.
  3. Pada konsentrasi larutan sukrosa 0.26 M hampir dari bagian sel terplasmolisisi sekitar 85 % hal ini membuktiakan perbedaan tekanan osmotik antara di dalam sel dengan tekanan osmotik di luar sel.


DAFTAR PUSTAKA
    • Saleariah dkk,1997.Biologi.Bandung :Grapindo media pertama
    • Saktiono.1994.Biologi: Jakarta :Erlangga
    • Lakitan benyamin.1995Dasar – dasar fisiologi tumbuhan.Jakarta :Raja gerafindo persada


Tidak ada komentar:

Posting Komentar