Kamis, 04 November 2010

Lipid



V. PEMBAHASAN
Pada percobaan kali ini melakukan percobaan Ekstrasi Lipid bahan yang kami gunakan adalah margarin sebanyak 25 gr kemudian ditambah dengan Etanol dan eter sebanyak 45 ml kemudian dipanaskan setelah itu kita tunggu beberapa hari dan kami memilih satu minggu untuk peroses pengendapan lipid yang telah di tambahkan oleh dua larutan tersebut setelah di panskan yaitu larutan Etanol dan eter .
Setelah satu minggu kami melakukan perktikum kembali hasil yang minggu kemaren kami panskan kembali selama 30 menit sambil di tambhkan NaoH dan Alkohol sebanyak 15 ml kemudiaan panaskan sampai Lipid mengeras dan menggumpal.setelh itu kami ambil ekstark yang berwarna oren karena eksterk tersebut tidak di gunkan pada perktikum ini,.Setelh mendapatkan eksterk tersebut kami diamkan lagi selama satu minggu lagi karena untuk mendaptkan ekstrak lipid yang baik memerlukan waktu yang cukup lama dan membutuhkan kesabaran yang tinggi. Setelah Lipid tersebut mengeras kemudian di tambahkan air sebanyak 25 ml kemudian aduk secara terus menerus sampai terbentuk sustu suspensi
Berdasarkan pada sumbernya, minyak dan lemak dapat diklasifikasikan atas hewan dan tumbuhan. Perbedaan mendasar dari pada lemak hewani dan lemak nabati adalah:
    1. lemak hewani mengandung kolesterol, sedangkan lemak nabati mengandung fitosterol,
    2. kadar lemak jenuh dalam lemak hewani lebih kecil daripada lemak nabati, dan
    3. lemak hewani mempunyai bilangan Reicher-Meiss lebih besar dan bilangan Polenshe lebih kecil dibanding dengan minyak nabati.
 
Ada beberapa sifat fisik dari minyak dan lemak yang dapat dilihat dari minyak dan lemak, antara lain: warna, bau amis, odor dan flavor, kelarutan, titik cair dan polymerism, titik didih, splitting point, titik lunak, shot melting point, berat jenis, indeks bias dan kekeruhan. Zat warna dibedakan menjadi dua, yaitu warna alamiah dan warna akibat oksidasi dan degradasi komponen kimia yang terdapat dalam minyak. Zat warna alamiah terdapat secara alamiah dalam bahan yang mengandung minyak dan ikut terekstraksi bersama minyak bersama dalam proses ekstraksi.




VI.KESIMPULAN
  1. Pada lipid yang di beri NaoH + alkohol lapisan lipid itu membentu sustu suspensi yang berwarna putih susu dan berbuih karena pengaruh dari alkohol.
  2. Berdasarkan pada sumbernya, minyak dan lemak dapat diklasifikasikan atas hewan dan tumbuhan.
  3. Zat warna dibedakan menjadi dua, yaitu warna alamiah dan warna akibat oksidasi dan degradasi komponen kimia yang terdapat dalam minyak.



DAFTAR PUSTAKA
  1. Sutresna nana.2004.kimia.Bandung:Grafindo media pertama.
  2. Ana.Poedjiadi.2005.Bio.kimia.Bandung UI Press
  3. Isnardiynti sri.2004.Kimia.Yogjakarta : Shinduartana

Mengetahui



Dosen pembimbing
Edy candra . S.Si



Praktikum                                                    Asisten dosen



M.Sugeng T.A                                                            Nianto












LAPORAN PRAKTIKUM

Diajukan Untuk Memenuhin Salah Tugas Mandiri
Mata kuliah PraktikumBiokimia
Dosen Pembimbing :
Edy candra . S.Si








Disusun Oleh:


MOCH SUGENG .T.A
06460938



Jurusan/Prodi/Semester:Tarbiyah/Biologi/IV

SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI ( STAIN )
CIREBON
2008


Tidak ada komentar:

Posting Komentar